About

Cari Blog Ini

10 band rock legendaris indonesia

Minggu, 30 September 2012
Sepuluh Band Rock Legendaris Indonesia
 3  1 MySpace0 Digg0 Google +0

Ulasan pendek ini ditulis karena sepertinya banyak sekali para metal head Indonesia diluar sana yang mungkin tidak tahu sama sekali tentang band-band cadas Indonesia di era tahun 80 – 90an yang dimana pada masa itu hampir seluruh band-band cadas terkenal Indonesia merupakan jebolan dari Festival Rock se-Indonesia yang diselenggarakan rutin oleh Log Zhelebour dari tahun 1984 sampai dengan event terakhirnya di tahun 2004.
Tulisan ini tidak akan membahas secara detil tentang sejarah musik rock Indonesia, namun hanya sekedar menyegarkan ingatan kita bahwa banyak sekali band-band rock Indonesia yang berjaya pada era tahun 80 – 90an dengan talenta dan karakter musik rock yang sangat khas pada setiap band. Walaupun sangat banyak, namun kami cuma mengambil 10 saja.
Ok. kita mulai…

1. Goodbless

Walaupun band ini hanya mengeluarkan 6 album dan 3 kompilasi lagu-lagu terbaik dalam kurun waktu 1979 sampai dengan tahun 2009, namun eksistensi band ini tidak pernah diragukan lagi di belantika musik Indonesia. Band rock yang digawangi oleh Ahmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Donny Fattah Gagola (bass), Yaya Moektio (drums), dan Abadi Soesman (kibor) telah membuktikan nama besar mereka dengan menjadi pembuka konser grup musik rock legendaris dunia, Deep Purple di Jakarta pada tahun 1975.

2. Edane

Ya, band cadas Indonesia yang satu ini memang dari hari ke hari semakin gahar saja. Perubahan warna musik dari album pertama mereka “The Beast” di tahun 1992 sampai dengan album mereka yang terakhir “Edan” tahun 2010 sungguh kentara. Yang dahulunya lebih mengambil musik yang bernuansa heavy metal atau hardrock, namun di album-album terakhir mereka lebih kental dengan nuansa musik modern metal nya.
Lagu yang berjudul Pancaroba dari album Jabrik (1994) ini kita ambil karena lagu ini sangat cadas di masanya, dimana pada masa itu banyak band-band rock Indonesia terdengar masih “kurang garang” dan Edane lah yang mampu mendobrak itu.

3. Power Metal

Sebelum menjelajahi dunia rekaman, dalam aksi panggungnya grup ini sering membawakan lagu-lagu Metallica, Anthrax, Helloween, Loudness atau Yngwie Malmsteen. Belum genap setahun dibentuk, grup band ini sudah menunjukan prestasi yang cukup membanggakan dengan menyabet beberapa juara di berbagai festival musik rock pada masa itu dan puncaknya mereka meraih juara pertama pada event Festival Rock se-Indonesia V (1989) yang diadakan oleh Log Zhelebour.

4. Rudal

Band rock asal bandung yang didirikan ditahun 1987 dengan formasi Babon (Gitar), Dan Buzil’s (Bass), Deden Sanny (Vocal), Eka (Drum) ini pernah menjadi finalis Festival Rock se-Indonesia yang diadakan oleh Log Zhelebour hingga pada tahun 1991 mereka mengeluarkan album “Sliting The World”. Walaupun berumur pendek, namun mereka tetap band rock legendaris Indonesia.

5. Kaisar

Grup rock Indonesia ini digawangi Band ini sendiri digawangi oleh Banasi (Vokal), Yudhi Koesasih (keyboardis), Didiek Ermas (bass) dan Burhan (drum) dan populer di tahun 1990-an karena diawali dengan menjadi pemenang Rock Festival 1990 di Surabaya. Salah satu lagu yang menjadi andalan grup band ini berjudul “Kerangka Langit”. Lagu ini selalu menjadi lagu wajib disetiap ajang festival rock dimanapun pada masa itu.

6. Andromedha

Andromedha adalah salah satu group band yang beraliran rock berasal dari Surabaya yang pernah berjaya di negeri ini. Salah satu mantan personil mereka yang masih terlihat eksis di belantika musik Indonesia adalah Yoyo yang kini tergabung dalam grup band Padi. Album yang berjudul Konser Rock yang dirilis tahun 1991 merupakan bukti dari karya-karya handal mereka.

7. Grass Rock

Band asal kota buaya ini didirikan tahun 1985 dan pernah mengeluarkan 4 buah album, yakni: Anak Rembulan (1992), Bulan Sabit (1993), Grass Rock (1994), dan Menembus Zaman (1999). Grup ini digawangi Edie Kemput (gitar), Rere Reza (drum), Mandao (kibor), Yudie (bas), serta dua vokalis: Zoel dan Almarhum Dayan Zmach yang merupakan adik kandung  Rere. Sepeninggalan Dayan yang meninggal tahun 1999 Grass Rock nyaris tidak terdengar lagi kiprahnya walaupun belum secara resmi membubarkan diri.

 8. Boomerang

Boomerang dibentuk di  Surabaya pada 8 Mei 1994 dengan nama asal Lost Angels dan kini berganti nama menjadi Boomerang. Pengalaman yang sudah mereka kumpulkan antara lain adalah masuk dalam 10 besar terbaik Festival Rock Se-Indonesia ke 7 versi Log Zhelebour pada tahun 1993 dan berhak mendapat kesempatan untuk merekam single pertama mereka “No More” dalam album 10 finalis Festival Rock ke 7 Log Zhelebour.

9. Jamrock

Band rock yang sekarang dikenal dengan nama Jamrud ini pertama kali terbentuk pada tahun 1989 di Cimahi, Jawa Barat. Pada saai itu Jamrock menjadi grup musik rock yang disegani di seputar daerah Bandung. Pamor mereka semakin meningkat saat Krisyanto dan Sandy Handoko (drum) bergabung dengan Jamrock.
Jamrock kemudian mendapat kontrak untuk rekaman dan bergabung dengan label rekaman Logiss Records. Dengan masuknya mereka ke dalam label rekaman milik Log tersebut, nama Jamrock kemudian diubah menjadi Jamrud.

10. Sahara

Sahara adalah sebuah grup musik yang berdiri tahun 1989 atas rintisan Richard Mutter (ex. PAS Band) dan Ahmad Sebastio. Setelah sejumlah podium festival rock berhasil diduduki, Sahara kemudian menapaki karirnya di dunia rekaman sehingga menghasilkan album Insomnia (1993), Biarlah Sepi (1995), Tiga (1997), 4th Album (2000), The Best of Sahara (2000), dan Kemarin, Kini Dan Nanti (2006). Terakhir, secara nasional Sahara tampil reuni pada acara Radio Show di TV ONE bulan 28 Mei 2012.

2 komentar:

  • bro punya foto deden sanny gak vokalis band rudal zaman dulu?

  • Band Legenda 60 - 70 Indonesia https://www.youtube.com/watch?v=1qb_9XfmQI0

  • Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.